Di era Digital seperti sekarang ini kita hidup dengan berbagai kemudahan salah satunya adalah kemudahan dalam mengolah data yang berupa angka. Di Indonesia sendiri banyak orang-orang yang menggunakan software Microsoft Excel untuk membantu mereka dalam pengolahan angka. Hal ini dikarenakan Microsoft Excel mempunyai banyak fitur yang menunjang pekerjaan sehari-hari seperti membuat laporan keuangan, mengerjakan perhitungan matematika, membuat tabel diagram atau grafik. Di samping itu pula Microsoft Excel juga menyediakan banyak Shortcut Keyboard yang dapat digunakan untuk  mempercepat pengolahan angka. Shortcut Keyboard sendiri merupakan kombinasi tombol yang jika di tekan secara bersamaan akan menghasilkan suatu fungsi khusus dalam komputer. Seringkali Shortcut Keyboard dapat membantu kita mengerjakan tugas menjadi lebih cepat karena tangan kita tidak perlu berpindah-pindah dari Keyboard ke Mouse.

Berikut adalah daftar Shortcut Keyboard yang dapat kita gunakan selama mengolah data di dalam Microsoft Excel.

1.    Melakukan Penjumlahan Total

      
          

Untuk melakukan penjumlahan total dengan Shortcut Keyboard pertama kita perlu memblok kolom target dan jangan lupa sisakan 1 kotak kosong untuk tempat hasil penjumlahannya, kemudian tekan tombol  Alt + ' = ' secara bersamaan.

Hasil :


 
2.    Menambahkan Waktu / Jam






Untuk menambahkan Waktu / Jam dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak kosong, kemudian tekan tombol  Ctrl + Shift + ' ; ' secara bersamaan.

Hasil :


3.    Menambahkan Tanggal







Untuk menambahkan Tanggal dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak kosong, kemudian tekan tombol  Ctrl + ' ; ' secara bersamaan.

Hasil :


 
4.    Memilih Seluruh Kolom






Untuk memilih seluruh Kolom dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kolom target, kemudian tekan tombol  Ctrl + Spasi secara bersamaan.

Hasil :


5.    Memilih Seluruh Baris







Untuk memilih seluruh Baris dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih baris target, kemudian tekan tombol  Shift + Spasi secara bersamaan.

Hasil :


 
6.    Menyembunyikan Kolom






Untuk menyembunyikan Kolom dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak kolom target, kemudian tekan tombol  Ctrl + '0' secara bersamaan.

Hasil :


 
7.    Menyembunyikan Baris






Untuk menyembunyikan Baris dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak kosong, kemudian tekan tombol  Ctrl + ' 9 ' secara bersamaan.

Hasil :



8.    Menambahkan baris baru dalam satu Cell






Untuk menambahkan baris baru dalam satu Cell dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak target, kemudian tekan tombol Alt + Enter secara bersamaan.

Hasil : 

  
 
9.    Melihat atau Menyembunyikan Rumus





Untuk melihat atau menyembunyikan Rumus dengan Shortcut Keyboard pertama kita harus memilih kotak kosong, kemudian tekan tombol  Ctrl + ' ~ ' secara bersamaan.

Hasil : 

  
 
Sekian Tutorial kali ini mengenai Shortcut Keyboard di Microsoft Excel. Sebenarnya masih banyak sekali Shortcut Keyboard untuk Microsoft Excel yang lain tapi nantinya akan terlalu panjang jika dibahas semuanya dalam satu artikel. Terimakasih sudah membaca artikel tentang Shortcut Keyboard di Microsoft Excel untuk Mempercepat Pekerjaan Kita, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.
:D